ARTIKELS

Web Developer

Top 4 Daftar CDN Publik Gratis untuk Web Developer

22-08-2020 23:11:39 BY Alfikri Read 697x 2 min read

Klinik Code - Kecepatan situs web sangat penting untuk pengalaman user, karena siapa yang suka menunggu halaman web dimuat. hehe.

Salah satu cara termudah untuk meningkatkan performa situs adalah dengan mempercepat tampilnya sebuah halaman. Kita bisa menggunakan library seperti library JavaScript dan Framework CSS melalui jaringan CDN.

CDN publik adalah layanan web yang menghosting dan melayani proyek sumber terbuka yang digunakan untuk pengembangan web (misalnya jQuery, AngularJS, dan Bootstrap). CDN publik memungkinkan situs web menggunakan layanan mereka secara gratis.

Berikut adalah CDN publik terbaik untuk pengembangan web.

1. jsDelivr


jsDelivr adalah layanan CDN yang gratis untuk javascript library, plugin, css framework, font dan semacamnya asalkan script tersebut bersifat terbuka (open source) dan bebas didistribusikan. Kalau layanan CDN dari Google atau Microsoft membatasi pada library populer maka jsDelivr mencakup banyak sekali kode – kode pustakanya, bahkan sudah mencapai ribuan sekarang – jadi skalanya saja sudah beda.

2. cdnjs


Sederhana. Cepat. Andal.
Pengiriman konten dalam kualitas terbaiknya.
cdnjs adalah layanan CDN sumber terbuka dan gratis yang dipercaya oleh lebih dari 10% situs web, didukung oleh Cloudflare.
Kami mempercepat dan mempermudah pemuatan file perpustakaan di situs web Anda.

3. Microsoft Ajax Content Delivery Network


Banyak orang di luar komunitas pengembangan ASP.NET tidak tahu bahwa Microsoft memiliki CDN publik. Di antara proyek open source di Ajax CDN Microsoft adalah jQuery, Bootstrap, dan Respond.js. Dibandingkan dengan pilihan yang lain, daftar proyek sumber terbuka Microsoft yang tersedia sangat sedikit, tetapi yang didapatkan adalah kepuasan yang berasal dari penggunaan layanan yang dikelola oleh perusahaan teknologi berusia 39 tahun yang mapan.

4. Google Hosted Libraries


Google adalah pemimpin dalam bidang kecepatan dan kinerja situs web. Mereka masih mempertahankan CDN publik yang menghosting kerangka kerja JavaScript populer seperti AngularJS, jQuery, dan bahkan yang lebih lama seperti MooTools dan Prototype.

5. Mengapa Menggunakan CDN Publik?

  • Performance

    Jaringan pengiriman konten, secara umum, dapat mengurangi waktu respons halaman Anda karena dapat melayani sumber daya dari beberapa lokasi geografis, meningkatkan kualitas layanan kepada user

    Dibandingkan dengan server web multiguna, seperti yang digunakan oleh penyedia web hosting bersama, CDN juga telah mengoptimalkan teknologi backend khusus untuk mengirimkan sumber daya halaman statis seperti gambar, file JS, stylesheet, dan sebagainya.

  • Mudah Perawatannya

    Dengan CDN publik, yang harus anda lakukan adalah mereferensikan dependensi anda dan semuanya akan berfungsi. Anda tidak perlu khawatir karena CDN publik kemungkinan akan memperbarui file yang mereka sajikan.

  • Handal

    CDN publik dalam daftar ini didukung oleh perusahaan teknologi besar, memberi Anda sedikit jaminan terkait dengan kepercayaan dan kinerja layanan mereka.
  • Probabilitas chace lebih tinggi

    Karena CDN publik digunakan oleh banyak situs web, ada kemungkinan lebih besar bahwa pengguna yang mengunjungi situs Anda sudah memiliki sumber daya yang disimpan di browser mereka, yang selanjutnya meningkatkan waktu respons laman Anda.
  • Gratis

    Dalam artian "CDN publik", layanan yang seharusnya tidak dikenakan biaya dan harus dapat diakses oleh siapa saja, seperti Gmail atau Dropbox.

About author

Alfikri

Saya seorang web developer. Saya sangat suka tantangan untuk mempelejari hal-hal baru dalam dunia pemograman.



Comments

Scroll to Top